1. Pengertian Penilaian Pengetahuan
Dalam Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah dinyatakan secara eksplisit bahwa capaian pembelajaran (learning outcome) ranah pengetahuan mengikuti Taksonomi Bloom yang telah direvisi oleh Lorin Anderson dan David Krathwohl (2001). Di sini ranah pengetahuan merupakan kombinasi dimensi pengetahuan yang diklasifikasikan menjadi faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dengan dimensi proses kognitif yang tersusun secara hirarkis mulai dari mengingat (remembering), memahami (understanding), menerapkan (applying), menganalisis (analyzing), menilai (evaluating), dan mengkreasi (creating).
Berdasarkan uraian di atas maka yang dimaksud dengan penilaian pengetahuan dalam panduan ini adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur proses dan hasil pencapaian kompetensi peserta didik yang berupa kombinasi penguasaan proses kognitif (kecakapan berpikir) mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi dengan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif.
Dimensi pengetahuan yang dinilai beserta contohnya tampak dalam Tabel 1 ini (Anderson, et.al., 2001).
Tabel 1. Jenis, Subjenis, dan Contoh Dimensi Pengetahuan
Karena semua rumusan kompetensi dasar maupun indikator atau tujuan pembelajaran selalu terdiri atas proses kognitif, yang ditunjukkan dengan kata kerja operasional, dan dimensi pengetahuan, penilaian (kategori-kategori) pengetahuan tidaklah mungkin dilakukan tanpa menyertakan bagaimana pengetahuan tersebut digunakan dengan beragam proses kognitif. Tabel 3.12 adalah contoh-contoh aktivitas atau pertanyaan yang sudah mengombinasikan kedua dimensi yang terdapat dalam rumusan kompetensi dasar, atau indikator, atau tujuan pembelajaran.
Tabel 2. Contoh Pemetaan Soal Berdasarkan
Dimensi Pengetahuandan Dimensi Proses Kognitif
2. Teknik Penilaian (Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013 SMP/MTs (Bag 2)
Sumber: Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Mei 2017
Kamis, 10 Mei 2018
Home »
Kurikulum 2013
» Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013 SMP/MTs (Bag 1)
Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013 SMP/MTs (Bag 1)
Related Posts:
Penilaian oleh Satuan Pendidikan SMP/MTs (Bag. 1) A. Pengertian Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta… Read More
Penilaian Ketrampilan Kurikulum 2013 SMP/MTs (Bag 1) 1. Pengertian Penilaian KeterampilanPenilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menerap… Read More
Penilaian Ketrampilan Kurikulum 2013 SMP/MTs (Bag 2) 3. Perencanaan PenilaianPerencanaan penilaian meliputi penyusunan kisi-kisi, penyusunan instrumen, dan penyusunan rubrik penilaian. Penyusunan&… Read More
Penilaian Ketrampilan Kurikulum 2013 SMP/MTs (Bag 3) 4. Pelaksanaan PenilaianPelaksanaan penilaian adalah eksekusi dari perencanaan penilaian yang telah dilakukan. Adapun teknis pelaksanaan penila… Read More
Program Remedial dan Pengayaan Kurikulum 2013 di SD Hasil penilaian pengetahuan dan keterampilan dianalisis untuk memperoleh informasi tentang pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil analisis … Read More
0 komentar:
Posting Komentar